Karanganyar Expo

Candi Planggatan



Candi Planggatan berada di Dusun Tambak, Desa Planggatan, Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar atau tepatnya hanya sekitar 6 km dari lokasi candi lainnya yakni Candi Sukuh. Situs Candi Planggatan termasuk peninggalan Prabu Brawijaya V, dimana beliau adalah seorang Raja terakhir Majapahit sebelum moksa (wafat beserta raganya). 




Diantara beberapa relief yang ada di Situs Candi Planggatan, salah satunya menggambarkan “sengkalan memet “ (sandi angka tahun) berupa Gajah Wiku, yaitu sosok setengah gajah, setengah manusia, dengan belalai ke bawah dan memakan bulan sabit dengan pakaian seorang wiku/ pendeta. Relief ini dibaca “Gajah wiku mangan wulan” dan diartikan 1378 caka atau sama dengan 1456 Masehi. 

Selisih 19 tahun dengan Candi Sukuh yang selesai pembangunannya pada tahun 1437 Masehi. Sebagian besar bebatuannya belum digali dan hanya nampak beberapa batu berelief yang masih setengah terpendam. Sejak awal diketemukan, Situs  Candi Planggatan ini ditetapkan sebagai Cagar Budaya. Relief dan hiasan yang nampak pada situs ini memiliki ornamen yang mirip dengan relief di Candi Sukuh.